Issued Date :
Issued in :
Prepared by :
Revised by :
Approved by :
|
![]() |
Distribution :
1.
2.
3.
|
Nama Jabatan
Kedudukan
Pangkat / Golongan
Fungsi
Tugas & Tanggung Jawab
|
:
:
:
|
EXECUTIVE
HOUSEKEEPER
Untuk
mengarahkan dan mengkoordinasi keseluruhan aktvitas dari Housekeeping
Department.
RESPONSIBILITIES AND MEANS
Executive Housekeeper
bertanggung jawab dalam penjagaan standar tertinggi cleanliness dan
appearance dari room dan public area, guest service sebagaimana yang
menyebabkan spirit dan motivasi team untuk semua staff. Housekeeper harus
adil dan disiplin pada semua staff seperti yang diminta.
(sesuai dengan struktur organisasi)
ADMINISTRATIVE RESPONSIBILITIES
Mendelegasikan
dan mensupervisi semua Managerial staff dalam Department dan membantu mereka
dalam menyiapkan jadwal kerja.
Menyesuaikan
diri dan memaksakan kebijakan dan prosedur & peraturan dan regulasi
sebagaimana yang di atur oleh Hotel untuk memperoleh level tertinggi dalam
keseragaman dan guest service.
TECHNICAL RESPONSIBILITIES
Bertanggung
jawab dalam penyusunan daftar cost effective dari semua staff dalam
Housekeeping Department dan Public Area Cleaning.
Tujuan utama
dari Housekeeper dalam penyusunan daftar, yaitu untuk menjaga gaji berada
pada posisi minimum dan juga untuk memastikan kemungkinan level tertinggi
dari service kepada tamu Hotel dan level tertinggi dari produktivitas.
Menyiapkan jadwal penempatan staff mingguan, memonitor
kehadiran
staff dan
membantu dalam perencanaan jadwal kerja.
Menyiapkan
berbagai macam laporan bulanan sebagaimana yang dibutuhkan oleh General
Manager.
Mengarahkan
operasional meeting rutin untuk mereview, monitor, menyesuaikan dan menambah
performance dari Department secara kesekuruhan, menjelaskan petunjuk baru dan
kebijakan dan prosedur pada waktu yang sama.
Menyiapkan
annual capital dan operating budgets untuk Department sebagai penghubung
dengan General Manager dan memastikan pengeluaran department dimasukkan dalam
budget dengan menunjukkan P & L untuk Department kepada General Manager
secara bulanan.
Bertanggung
jawab untuk memastikan bahwa semua staff berada dibawah jurisdiksi dia dalam
hal penampilan dan tanpa bernoda setiap saat, seperti : uniform yang benar
dan lengkap, personal hygiene, seperti rambut, make-up dll.
COMMERCIAL RESPONSIBILITIES
Untuk
menghandle dan menetapkan semua pertanyaan dan komplain tamu dengan tata
karma yag efisien dan untuk membuat sebuah hubungan yang ramah dengan semua
klien, customer dan tamu dari Hotel.
Melalui
rekomendasi supervise yang dekat dan merubah operasional dari Department,
terutama berkonsentrasi dalam menciptakan service standards yang lebih baik,
menaikkan revenue dan mengurangi costs.
Bertanggung
jawab untuk memastikan bahwa semua stock/ linen levels dan penggunaan
sangatlah efektif dan cost dengan efisien dapat dikontrol.
HUMAN RESPONSIBILITIES
Merencanakan
dan mengorganisir Departmental training secara umum untuk semua staf,
terutama staf baru, berkonsentrasi terhadap sopan santun, efisiensi, service
standard, grooming, diplomasi dan pengetahuan actual tentang pekerjaan.
Mengidentifikasi
dan mengembangkan kualitas kepemimpinan diantara bawahan untuk membimbing
mereka terhadap kenaikan jenjang karir bersamaan dengan Hotel, dan selain itu
menyediakan sumber untuk masa depan manajemen Hotel.
Memiliki hubungan baik dengan semua kolega.
Pengertian, mendukung, berani dan suka menolong
semuanya.
RELATION
Melaporkan secara langsung kepada General
Manager
Bekerja secara dekat dengan Departemen lain dari
hotel, dan menghadiri meeting rutin secara berkala.
Berpartisipasi dalam penyediaan dan penerimaan
kritik yang membangun dengan memperhatikan Departemen dan Hotel secara
keseluruhan, untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan guest service.
REPLACEMENT AND
TEMPORARY MISSION
Melakukan pekerjaan lain yang berhubungan dan
proyek special sebagaimana yang diminta oleh Dirctor of Rooms baik di dalam
dan di luar Hotel.
|
terimakasih postinganya,sangat membantu kita untuk belajar...
BalasHapus